Monday

Bagaimana Cara untuk Memasarkan Produk ?

Cara pemasarannya masih konvensional, tidak melalui media TV, radio, dan majalah. Hanya dari mulut ke mulut, dari pasar ke pasar dan dari pedagang ke pedagang. 3 thn yang lalu, saya menargetkan untuk mendapatkan pelanggan 2 orang dalam satu hari. Waktu itu saya masih karyawan. Tiap hari saya bawa baju itu ke kantor. kalau ke temu teman saya tawarkan, ketemu customer saya ceritakan bahwa saya punya bisnis baju muslim. Kadang-kadang rasa malu juga ada.

Pada hari Sabtu dan Minggu, saya juga bawa baju di mobil, dan tidak ketinggalan katalog. Pada saat saya menunggu mobil dicuci, saya ngobrol dengan bapak-bapak yang juga cuci mobil. Sabtu & Minggu saya main ke rumah teman-teman, sekalian silaturahmi, sekalian mempromosikan dagangan saya.
untuk pemasaran di internet, saya sering email ke teman-teman yang satu kantor dulu, saya ikut milist, saya ceritakan bahwa saya punya bisnis. Saya minta dia untuk melihat produk saya di web. "Apakah dia tertarik atau tidak", itu urusan lain, yang penting saya sudah promosikan, Apakah dia akan mengejek saya, atau menghina saya, itu urusan lain juga.

Yang penting tiada waktu tanpa promosi.
Alhamdulillah dari berkat pertemanan dan silaturahmi tersebut maka bisnis, alhamdulillah bisa berkembang cepat (menurut perkiraan saya).

Mungkin segitu dulu ceritanya.

Wassalam.

1 comment:

irwan said...

itulah.... tetap semangat ya... saya juga lagi merintis untuk mandiri...

Popular Posts