Monday

Fenomena Perbankan Hari Ini

Berikut ini sekilas fenomena perbankan yang ada bahkan bisa bersifat universal.

Di awal usaha kita tidak dihiraukan, dan ketika sudah berhasil, kita di kejar-kejar. Coba renungkan bbrp hal dibawah ini:

Kami mengibaratkan hubungan "bank" dengan "nasabah" seperti seorang dokter dengan pasien dan karakter dokter ini sangat unik yaitu : "dokter tidak akan memberi obat buat pasien yang diperkirakan akan mati" tapi dokter hanya akan memberikan "vitamin" buat pasien yang "sehat".

Atau contoh lain : kalau di luar hujan rintik-rintik dan anda sudah punya payung maka bankir akan menyatakan silahkan pakai payung "kami" payung anda jadikan sbg "cadangan".

Tapi begitu hujan badai datang, maka bankir akan menarik payung miliknya dan silahkan anda usaha payung sendiri.

Artinya,marilah kita tidak terlalu menggantungkan usaha kita dengan fasiltas perbankan; sudah pasti bank akan mencari keuntungan "sendiri" dan tidak peduli usaha kita untung atau buntung. Apalagi usaha "start up" perbankan pasti tdk berhasrat untuk mendekat.

Nasihat kami bagi pengusaha pemula:
"MULAILAH dengan apa yang anda BISA dan jangan memulai dengan apa yang anda INGINKAN."

Semoga bermanfaat,
Wallahu'alam

Dari milis Pengusaha Muslim.

1 comment:

Anonymous said...

Saya pengen kaffah dalam berislam,menjadi pengusaha yang tak melupakan aspek ibadah bukan cuma untung..saya punya skill yang menjanjikan tapi terkendala banyak hal, dan banyak masalah juga menimpa, ingin sekali punya partner yang mau berusaha bersama satu visi,misi, yang hanya mengharap Mardhatillah, tp sekarang cuma istighfar saja semoga semua berlalu, dan saya bisa tetap istiqomah..

Popular Posts